Apa itu Beton?

Beton adalah bahan komposit untuk konstruksi yang kandunganya terdiri dari agregat, semen dan air. Ada bermacam-macam formulasi yang variatif untuk memberikan sifat dan mutu beton tertentu. Agregat terdiri dari agregat kasar dan halus. Agregat kasar atau biasa disebut split umumnya berupa kerikil kasar atau batuan hancur seperti batu gamping dan granit, dipadukan dengan agregat halus yaitu pasir. Bentuk umum dari beton adalah beton semen Portland yang terdiri dari batuan/kerikil dan pasir, serta semen dan air sebagai pengikat untuk agregat.

Ada bahan tambahan dalam pembuatan beton yang terdiri dari campuran bahan kimia (admixtures) atau biasa disebut obat beton untuk mencapai sifat beton yang bervariasi. Prosesnya yaitu, air dicampur dengan komposit kering (dry composite), lalu dituangkan ke mesin adukan (mixer), kemudian dipadatkan dan mengeras menjadi sekeras batu melalui proses kimia yang disebut hidrasi. Air bereaksi dengan semen, mengikan komponen lainya bersama-sama dan akhirnya membuat bahan kuat seperti batu.

Beton memiliki tingkat kekerasan untuk menerima tekanan yang relatif tinggi tergantung mutu beton, tapi kuat tarik yang jauh lebih rendah. Biasanya beton diperkuat dengan bahan kuat dalam ketegangan yaitu baja. Beton bisa rusak oleh banyak proses seperti air membeku dalam beton.

Beton secara umum digunakan untuk membuat struktur pekerjaan sipil, arsitektur, pondasi, blok dinding, trotoar, jembatan, jalan raya, bendungan, landasan pacu, struktur parkir, waduk/kolam, dan pondasi gerbang. Struktur beton yang terkenanl yaitu Burj Khalifa (gedung tertinggi di dunia), Bendungan Hoover dan Terusan Panama.

Di Indonesia sendiri, ada banyak pabrik beton lokal dengan mutu dan harga yang beragam seperti Wika Beton dan Viper Beton. Wika Beton merupakan salah satu pabrik beton yang terkemuka di Indonesia. Sedangkan, Viper Beton juga tidak kalah bagus, salah satu pabrik beton yang sangat mengutamakan jaminan mutu beton terbaik. Viper Beton sendiri memiliki banyak batching plant yang tersebar di seluruh indonesia, yang terdiri dari dry mix dan wet mix. Jika proyek Anda mengingikan mutu bahan beton yang baik, Viper Beton merupakan salah satu pilihan yang efektif dan efisien untuk proyek Anda.

Leave a comment